Rabu, 19 Januari 2011

STUDI KASUS SISTEM (4)

SISTEM ADMINISTRASI PELAYANAN TABUNGAN SIMONA
PADA FUNAI INTERNATIONAL BANK

A. Skenario Sistem

Pada dewasa ini, di era globalisasi dunia perbankan mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan ekonomi dan pembangunan suatu negara, baik secara langsung maupun secara tidak langsung mempengaruhi peredaran uang, menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, mempercepat pembangunan serta merangsang pertumbuhan dunia usaha dalam berbagai bidang.

Sebagaimana diketahui bahwa fungsi bank adalah menarik dana dari masyarakat semaksimal mungkin, agar masyarakat mau menyimpan dananya di bank dalam bentuk TABUNGAN, DEPOSITO, REKENING GIRO dan lain-lain. Untuk menarik dana tersebut, maka bank memberikan bentuk promosi yang menarik seperti suku bunga yang tinggi, pelayanan yang memuaskan, hadiah, bonus dan lain sebagainya.

Adapun mengenai salah satu produk jasa perbankan dari FUNAI INTERNATIONAL BANK yang ditawarkan kepada masyarakat adalah Tabungan SIMONA (SIMpanan OraNg mudA), dimana tabungan ini mempunyai kelebihan atau keuntungan bagi penabungnya seperti :

1. Fasilitas e-banking untuk menjangkau seluruh cabang yang ada
2. Fasilitas menggunakan sarana ATM bersama
3. Fasilitas dengan tingkat suku bungan yang kompetitif
4. Fasilitas sebagai discount card
5. Fasilitas ON-LINE di seluruh cabang FUNAI INTERNATIONAL BANK

Selain fasilitas yang sudah diberikan ada beberapa karakteristik yang harus ada di dalam pengelolaan tabungan SIMONA tersebut, guna mencapai tingkat mutu yang diinginkan yaitu :

1. Persyaratan yang tidak terlalu rumit
2. Mempunyai kelebihan dalam pelayanan perbankannya
3. Memliki rasa aman bagi para nasabahnya yang menabung

Demikianlah sekilas tentang FUNAI INTERNATIONAL BANK dan produk jasa perbankannya yaitu tabungan SIMONA (simpanan orang muda). Adapun mengenai bentuk prosedur sistem mengenai proses pelayanan jasa perbankan untuk tabungan SIMONA akan dijelaskan di bawah ini.

B. Prosedur sistem yang berjalan

Bentuk prosedur keja dari sistem administrasi pelayanan tabungan SIMONA yang ada pada FUNAI INTERNATIONAL BANK terbagi menjadi 4 proses yaitu :

1. Proses permohonan pembukaan rekening tabungan SIMONA
2. Proses penyetoran uang untuk tabungan SIMONA
3. Proses penarikan uang untuk tabungan SIMONA
4. Proses penutupan rekening tabungan SIMONA


Adapun penjelasan mengenai bentuk proses yang ada dari system administrasi pelayanan tabungan SIMONA, akan dijelaskan di bawah ini, yaitu sebagai berikut :

1. Proses Permohonan Pembukaan Rekening Tabungan SIMONA.
Customer service mempersiapkan formulir aplikasi permohonan tabungan SIMONA yang diperlukan oleh calon nasabah untuk diisi, dan kemudian diserahkan kembali oleh calon nasabah kepada customer service, dengan melampirkan bukti identitas diri (KTP/SIM/Pasport) bagi penabung perseorangan, serta dilengkapi dengan akte pendirian perusahaan bagi penabung badan usaha. Selain formulir aplikasi permohonan yang harus diisi oleh calon nasabah, ada beberapa dokumen yang harus diisi pula seperti kartu contoh tanda tangan (specimen), slip penyetoran, data password dan surat khusus lainnya bila ada

Data calon nasabah yang sudah lengkap kemudian di entri oleh customer service ke dalam file nasabah (master file nasabah), setelah selesai, kemudian customer service menyiapkan buku tabungan dan memberikan nomor rekening tabungan atas nama penabung yang bersangkutan, setelah itu buku tabungannya diserahkan kembali beserta kartu indentitas penabung dan slip penyetoran tabungan yang berisikan inisial deposit, untuk diserahkan kepada TELLER. Setelah proses diatas selesai secara keseluruhan maka TELLER akan mencetak nama nasabah tersebut pada buku tabungannya, kemudian menyerahkan kembali kepada penabung.

2. Proses Penyetoran Uang untuk Tabungan SIMONA.
Penabung mengisi slip penyetoran yang telah tersedia di front office, yang kemudian menyerahkan slip tersebut pada TELLER beserta uang yang akan disetorkan. TELLER menerima slip tersebut kemudian mencocokan jumlah yang tertera pada slip penyetoran dengan uang yang akan disetorkan. Setelah itu data mengenai jumlah uang yang akan disetorkan di entri ke computer ke dalam file penabung, kemudian mencetak data tabungan tersebut pada buku tabungan, setelah selesai buku tabungan diserahkan kembali pada nasabah yang bersangkutan, sedangkan slip penyetoran disimpan sebagai arsip atau bukti penyetoran untuk pihak bank sendiri.

3. Proses Penarikan Uang untuk Tabungan SIMONA.
Penabung mengisi slip penarikan yang ada di front office untuk sejumlah uang yang akan diambil, kemudian penabung menyerahkan slip tersebut beserta buku tabungan kepada TELLER. Setelah itu TELLER mencocokan tanda tangan yang ada pada slip penarikan dengan specimen yang ada pada bank tersebut.

Setelah proses di atas selesai secara keseluruhan, TELLER kemudian mengentrikan data tabungan tersebut ke komputer dan mencetak jumlah transaksi pada buku tabungan, kemudian buku tabungan diserahkan kepada nasabah beserta uang yang akan ditarik oleh nasabah tersebut. Sedangkan slip penarikan disimpan sebagai arsip atau bukti penarikan untuk pihak bank.

4. Proses Penutupan Rekening Tabungan SIMONA.
Penabung mengisi slip tabungan untuk penarikan dengan tulisan “TUTUP REKENING” yang kemudian slip tersebut beserta buku tabungan diserahkan kepada TELLER untuk diproses.

Kemudian TELLER mencari data yang sesuai dengan buku tabungan yang diberikan oleh nasabah tersebut. Setelah data nasabah tersebut diproses, maka tahap berikutnya adalah memberikan sejumlah saldo uang yang tersisa pada bank kepada nasabah, dimana saldo akhir yang ada dikurangi dengan biaya administrasi untuk tutup rekening sebesar Rp. 50.000,-. Sedangkan buku tabungan yang ada, sudah dianggap tidak berlaku lagi dan menjadi milik bank.

C. TUGAS.

Tugas saudara sebagai sistem analis adalah membuat suatu bentuk prosedur sistem berjalan di atas, dalam bentuk maket diagram (DFD), mulai dari diagram konteks, diagram nol, kemudian dilanjutkan dengan membuat KAMUS DATA nya…GOOD LUCK.